Penyebab Mata Kering dan Bahayanya yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Mata Kering dan Bahayanya yang Perlu Diwaspadai

Mata kering bisa mempengaruhi lapisan air mata yang menutupi kornea. Hal ini terjadi saat air mata Anda tidak cukup atau air mata menguap terlalu cepat. Kondisi mata kering yang tidak segera mendapat solusi dapat berdampak pada terganggunya kesehatan mata secara keseluruhan. Kondisi mata kering yang dibiarkan dapat membahayakan.  Oleh sebab itu, jika Anda mengalami gejala mata kering ringan segera teteskan Insto Dry Eyes.

Pengalaman Mengenai Mata Kering

Permasalahan mata saya sejak dulu adalah mata kering. Jika keluar rumah dan mata saya terpapar sinar matahari pasti terasa perih. Belum lagi jika terkena debu dan asap, bisa-bisa sepanjang jalan hanya bisa menunduk untuk melindungi penglihatan saya.

Dulu saya berpikir kondisi ini disebabkan oleh mata minus, namun kenyataannya ketika sudah menggunakan alat bantu kacamata tetap saja kondisi itu tidak berubah. Saat saya mulai bekerja dan ada diruangan ber-AC saya mengira permasalahan mata akan berkurang.

Sebab jarang terpapar dengan sinar matahari. Namun kenyataannya saya mengalami gejala mata sepet, mata pegel, dan mata perih. Setelah mencari informasi di internet, ternyata saya mengalami mata kering.

Sebelum bertambah parah, saya langsung atasi dengan Insto Dry Eyes. Agar Anda tidak mengalami hal yang sama, ketahui penyebab mata kering seperti berikut:

Apa Saja Penyebab Mata Kering?

Sinar Radiasi

Pancaran sinar radiasi dari layar monitor alat elektronik saat sedang menggunakan laptop atau gadget dapat membuat pupil mata fokus maka mata jarang berkedip. Hal ini mengakibatkan retina mata kurang memperoleh basuhan air mata maka mata terasa kering.

Sinar Ultraviolet

Aktivitas luar ruang juga menjadi salah satu penyebab mata kering. Hal ini terjadi saat mata terpapar sinar ultraviolet matahari dalam waktu lama.

Udara dan Debu

Beraktivitas di luar ruang rentan terkena polusi udara. Sumber polusi udara terdiri debu dari aspal jalanan atau tanah kering yang terbang terbawa angin serta asap knalpot kendaraan bermotor dan asap pembakaran sampah. Hasil polusi udara ini jika ada di udara terbuka dapat menerpa mata.

Cahaya Terang

Tingkat intensitas atau kadar terangnya cahaya dapat menyilaukan mata. Jika ada di luar lapangan dengan cuaca panas terik seperti di pantai mata akan terkena paparan sinar ultraviolet dari cahaya matahari. Paparan sinar ultraviolet yang terlalu sering lambat laun dapat merusak mata.

Penggunaan Lensa Kontak

Untuk mendukung gaya hidup sebagian besar orang menggunakan lensa kontak. Penggunaan lensa kontak akan menutupi kornea mata. Hal ini membuat terhalangnya jalan oksigen untuk masuk ke permukaan mata. Penggunaan lensa kontak juga memungkinkan terjadinya celah pada lapisan mata maka terjadi iritasi.

Bahaya Mata Kering

Gangguan Penglihatan. Seseorang yang mengalami gangguan penglihatan akan terasa kabur pandangannya, beberapa orang mengeluh tidak bisa melihat objek secara fokus serta penglihatannya bisa berubah-ubah. Hal ini dapat membahayakan jika sedang ada dalam kondisi mengemudikan kendaraan.

Infeksi Mata.  Kondisi mata kering dapat menyebabkan infeksi mata sebab kurangnya cairan pelindung mata. Maka mata bisa terserang bakteri dan kuman berbahaya.

Kornea Mata Rusak. Salah satu fungsi air mata yaitu untuk meminimalisir gesekan antara kelopak mata dan bola mata. Jika bola mata tidak cukup memperoleh pelumas air mata maka lambat laun gesekan tersebut bisa merusak kornea mata.

Dengan mengetahui penyebab dan bahaya mata kering sambil menggunakan #InstoDryEyes #SolusiMataKering, semoga Anda bisa menjaga kesehatan mata. Ingat! Mata yang sehat sangat penting untuk kenyamanan dan produktivitas dalam menjalani gaya hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *