Macam Jenis Kertas yang Sering Digunakan Sehari-hari

Macam Jenis Kertas yang Sering Digunakan Sehari-hari

Ternyata ada banyak macam jenis kertas yang sering digunakan sehari-hari. Dari berbagai kertas yang ada, mempunyai peruntukan berbeda-beda. Tidak bisa dipungkiri bahwa kertas sangat dekat kehidupan sehari-hari.

Bahkan, kertas bukan sekedar digunakan sebagai bahan cetak tulisan saja. Namun untuk pembuatan kantong belanjaan, sebagai kantong kemasan atau dus. Untuk mengetahui lebih detail mengenai jenis kertas, simak artikel berikut.

Apa Saja Jenis Kertas yang Sering Digunakan Sehari-hari?

HVS

HVS merupakan dalam jenis kertas yang paling umum digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia. Karena, harganya masih terjangkau, namun mempunyai kualitas yang cukup tinggi dan memadai. Selain itu, warnanya yang putih membuat kertas HVS ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk menulis dan mencetak dokumen.

Buffalo

Jenis kertas kedua yang akrab dengan sebutan kertas buffalo. Tekstur yang dimiliki kertas buffalo ini menyerupai guratan kayu. Karena, dia sedikit kasar dan juga tebal. Biasanya, kertas ini difungsikan sebagai sampul di bagian depan dan belakang saat menjilid untuk berbagai dokumen.

Folio

Kertas folio juga sering disebut sebagai kertas F4. Bentuknya yang panjang membuat kertas itu menjadi primadona saat sedang butuh untuk menuliskan suatu dokumen panjang. Kemudian, jika dulunya folio lebih umum ditemui yang berbentuk garis, maka sekarang kertas folio atau F4 juga sudah umum beredar di pasaran

Art Carton

Selanjutnya yaitu art carton. Kertas ini dibuat dari bahan utama berupa karton. Oleh seban itu, tidak heran jika kertas karton menjadi tebal dan juga berat. Fungsi yang paling populer dari kertas art carton yaitu digunakan sebagai kartu nama.

Tetapi, perlu diketahui juga kalau jenis kertas ini mempunyai permukaan licin sehingga tidak dapat dijadikan sebagai tempat untuk menulis.

Art Paper

Setelah membahas art carton, mari kita memahami mengenai jenis kertas berikutnya, yaitu art paper. Sebab, art paper sendiri mempunyai ciri yang tidak berbeda jauh atau terbalik dengan art carton. Tetapi, art paper sendiri lebih umum digunakan untuk membuat media promosi, halaman dari suatu majalah, mencetak kartu undangan, dan lain sebagainya.

Kraft

Kraft merupakan salah satu kertas yang yang sering digunakan untuk membuat paper bag. Pasti Anda sudah mengetahui sekarang banyak paper bag yang menarik, dan tentu saja ramah lingkungan sebab terbuat dari kertas yang mudah di daur ulang.

Ciri-ciri kertas kraft secara tampilan mempunyai warna kecoklatan. Dari segi tekstur, ternyata kertas ini tidak halus seperti kertas HVS atau kertas NCR. Jenis kertas ini mempunyai tekstur lebih kasar. Walaupun demikian, jenis ini ternyata juga cukup banyak orang yang meliriknya.

Matt Paper

Matt paper bisa dikatakan juga sebagai kertas yang mempunyai tampilan yang kurang cerah, atau redup. Warna yang redup ini bukan tanpa alasan, ternyata warna redup ini mempunyai manfaat untuk menyerap tinta saat dilakukan proses percetakan.

Matt paper salah satu kertas yang lebih sering digunakan untuk mencetakan majalah, tabloid atau surat kabar. Ketika mencetak majalah juga diperhatikan, sebab khusus kertas Matt paper lebih cocok digunakan untuk percetakan yang membutuhkan ketebalan kertas sekitar 120 gsm sampai 150 gsm.

Bw Carton

Jenis kerta BW Carton sebenarnya mirip dengan Matt Paper. Sebenarnya jenis kertas ini lebih nyaman digunakan untuk menggambar dengan manual. Maka cocok banget untuk Anda yang suka corat-coret menggunakan tangan.  Di dunia industri perusahaan, kertas BW Carton banyak dimanfaatkan untuk mencetak kalender, kartu nama, poster juga sampul buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *